Rabu, 28 November 2018

Surabaya Makin Cantik dengan Pohon Tabebuya Yang Mirip Sakura Di Jepang

Surabaya Makin Cantik dengan Pohon Tabebuya Yang Mirip Sakura Di Jepang


Surabaya saat ini makin romantis. Sejumlah jalan protokol di Kota Surabaya semakin rindang dan cantik lantaran terdapat banyak Pohon Tabebuya beraneka warna bermekaran dan menjadi perhatian banyak masyarakat bahkan viral di media sosial.



Bunga Tabebuya yang dianggap mirip dengan bunga Sakura di Jepang. Maka tak salah saat melihat  Tabebuya yang sedang mekar di Surabaya serasa sedang di Jepang. Pohon Tabebuya ini asalnya dari Brasil. Negara yang sama-sama tropis sehingga pohon ini cocok ditanama di Surabaya.

Meski demikian Pemkot Surabaya tidak mendatangkannya dari Brazil melainkan dari Malang dan Kediri. Pohon ini mulai dibudidayakan sejak tahun 2010. Pemkot juga melakukan budidaya Tabebuya di Kebun Bibit Surabaya.

Tabebuya yang ditanam di Jalan Protokol Surabaya ini memiliki beberapa varian warna, yakni: kuning, pink, putih, dan ungu. Dan warna ungu disebut-sebut yang paling memiliki kemiripan dengan bunga Sakura.



Tabebuya dapat kita temui di sejumlah jalan protokol antara lain: Jalan Ahmad Yani, Jalan Darmo, dan Jalan Raya Gubeng. Bunga Tabebuya itu juga banyak ditanam di beberapa tempat hingga pelosok jalan.




Ide Bu Risma


Pencetus awal penanaman tumbuhan tabebuya ini adalah Wali Kota Surabaya, Ibu Tri Rismaharini, bahkan jauh sebelum menjabat sebagai Wali Kota Surabaya. Namun, penanaman Pohon Tabebuya saat itu belum banyak.

Tujuan menanam Pohon Tabebuya, selain ingin menambah keasrian Kota Surabaya juga dapat memberi habitat alami bagi ragam biota yang menggantungkan hidupnya pada pohon. Dan yang tak kalah pentingnya adalah untuk menperindah jalan-jalan di Kota Surabaya.

Tabebuya mekar dua kali dalam setahun yakni pada bulan April dan November. Uniknya, mekarnya bunga Tabebuya di Surabaya saat ini justru terjadi saat musim penghujan. Sebab lazimnya, bunga Tabebuya mekar saat musim kemarau.

Jadi saat (cuaca) mendung, jalanan Surabaya nampak indah dan romantis dengan warna-warni bunga Tabebuya yang indah.

Cobalah datanglah ke Surabaya.

Tentang Bunga Tabebuya


Bunga atau pohon Tabebuya yang ditanam di Surabaya berjenis Tabebuya Chrysotrica yang sering disebut sakura khas Brasilia. Tabebuya Chrysotrica bisa tumbuh di iklim tropis dan hanya mekar pada musim kemarau. Uniknya, di Surabaya justru mekar saat musim hujan. Sehingga saat sedang mendung warna warna bunga yang sedang mekar kelihatan mencolok dan menjadikan jalanan kota makin indah dan eksoktik.

Dalam waktu satu tahun, Tabebuya bisa dua kali mekar dengan ciri khas bunga lebat berdaun sedikit. Setelah itu, bunga-bunga Tabebuya akan berguguran dengan indahnya.

Pohon Tabebuya tak sekadar indah dan cantik. Namun juga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Dikutip dari Intisari, kulit bagian dalam dari beberapa spesies pohon jenis ini memiliki sifat obat yang hampir tidak bisa dipercaya. Kulit Tabebuya bisa dibuat menjadi teh yang disebut Lapacho atau "tahibo". Rasanya sangat pahit sehingga baru bisa dikonsumsi setelah di-ekstrak menjadi pil atau cairan. Lapacho bisa dimanfaatkan untuk mengatasi flu saat musim dingin, juga untuk meringankan batuk para perokok.

Lapacho adalah bahan penting dalam pengobatan tradisional masyarakat adat di Amerika Selatan. Lapacho konono memiliki kandungan untuk meningkatkan kualitas hidup pasien yang mengidap kanker dan AIDS.


Agen Resmi ABE, SMS/WA: 0816520973. Melayani pengiriman via JNE, Pos, Gojek, juga melayani COD


EmoticonEmoticon